Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Khutbah Jumat

Kedudukan paling tinggi dihadirat Allah Ta'ala menjadikan Sayyiduna Muhammad sebagai yang pertama mendapat dan pemberi syafa'at umatnya kelak hari kiamat, beliau bersujud di 'arsyurrohman memohonkan kebaikan umat, karna salah satu sebab agar selamat kala itu adalah syafaat rasulullah shallallahu alaihi wasallam.


Ada yang telah masuk neraka lalu dikeluarkan, juga yang sebenarnya bertempat di neraka lalu selamat, sampai orang kafir diringankan siksa neraka, bahkan penghuni surga pun mendapatkan syafaat dengan ditempatkan ke derajat yang lebih tinggi.


Betapa besar kecintaan Rasulullah terhadap kita, pengabdianya tiada tara, mustahil bagi umatnya bisa membalas jasa sang kekasih Allah azza wajalla.


عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : لكل نبي دعوة فأريد إن شاء الله أن أختبئ دعوتي شفاعة لأمتي يوم القيامة. أخرجه البخاري ومسلم


Dari Abi Hurairah radhiallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: setiap para nabi memiliki doa mustajab, aku ingin menyimpan doaku agar kelak jadi sebab syafaat umatku pada hari kiamat.


Sebagai contoh nabi Nuh, nabi Luth alaihimassalam telah berdoa agar umatnya yang durhaka dan menentang dibinasakan, mereka pun sirna.


Ketika di thoif Rasulullah dilempar batu hingga berdarah, namun tidak memohon agar kaum thoif musnah, bahkan mendoakan agar generasi yang akan datang lahir dari keturunan mereka menjadi muslimin.


Mendahulukan kepentingan umat daripada diri sendiri, itulah akhlak, sunnah nabi wajib kita teladani lalu amalkan, hakikatnya pemimpin adalah pelayan umat, kecintaan kepada umat melebihi cintanya untuk diri sendiri shallallahu alaihi wa ala aalihi wasallam. 

Post a comment for "Materi Khutbah Jumat"